SILATURAHIM DAN RIHLAH ILMIAH MA’HAD ALY AL TREMASI KE MA’HAD ALY AL FITHRAH SURABAYA

0

Surabaya, 22 Januari 2019

Ma’had Aly Al Fithrah dan Ma’had Aly Al Tremas

Pagi ini Ma’had Aly Al Fithrah kedatangan tamu-tamu yang luar biasa, kenapa luar biasa ? sebab tamu-tamu ini berasal dari salah satu Pondok yang usianya sudah hampir menginjak dua abad. Para tamu agung ini berjumlah sekitar 110, yang terdiri dari mahasantri, asatidz beserta Keluarga besar pengasuh. Pondok yang dirintis oleh KH. Abdul Manan ini berdiri pada tahun 1830 M di Tremas, sebuah desa di wilayah Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Kedatangan tamu-tamu dari Ma’had Aly Al Tremas ke Ma’had Aly Al Fithrah merupakan salah satu bagian dari rangkaian agenda silaturahim dan rihlah ilmiah. Perjalan rihlah ini dimulai dari Ziarah makan sunan Ampel, Ma’had Aly Al Fithrah, Pon Pes Nuruk Kholil Bangkalan, Museum NU, dan terakhir Ma’had Aly Hasyim Asy’ari.
Ma’had Aly Al Fithrah menyambut tamu-tamu agung ini  untuk kemudian diarahkan ke Pendopo PP Al Fithrah. Forum silaturahmi dan rihlah di Ma’had Aly Al Fithrah dimulai dengan pembacaan Istighotsah oleh Ust. Achmad Imam Bashori, M.Th.I selakuk Mudir Ma’had Jamiah, Sholawat fihubbi oleh Ust. Imam Nuddin, M.Pd selaku Sekretaris Ma’had Jamiah, dan Doa Fihubbi oleh Ust. Ahmad Syatori, M.Fil. Berikutnya untuk membentuk rasa nasionalisme kepada para Mahasantri yang hadir acara dilanjutkan dengan menyanyikan kagu indonesia raya. Barulah kemudian Sambutan-sambutan, Sambutan pertama disampaikan oleh Kabag. Pendidikan  PP. Al Fithrah mewakili Keluarga Besar Hadrotus Syaikh K.H. Achmad Asrori Al Ishaqi, r.a. dan H. Muhammad Musyaffa’, S.Pd.I., M.Th.I yang merupakan kepala Pondok Pesantren Al Fithrah, beliau berhalangan hadir dalam acara tersebut. Kabag. Pendidikan dalam kesempatan ini menyampaikan sejarah dan perkembangan PP Al Fithrah. Di akhir acara beliau meyuguhkan Video Profil Pondok kepada para peserta.
Sambutan kedua disampaikan oleh K.H. Rifqi Hamid, beliau menyampaikan, “Kami sangat berterimakasih sekali atas sambutan hangat yang diberikan oleh Ma’had Aly Al Fithrah, Kami juga memohon maaf jika kiranya kehadiran kami mengganngu proses kegiatan belajar-mengajar terganggu”. Kemudian acara dilanjutkan dengan Pemberian cenderamata kepada K.H. Rifqi Hamid sebagai kenang-kenangan dari Ma’had Aly Al Fithrah. Dan ceremonial inipun diakhir dengan Doa penutup. Selesainya, acara ceremonial para peserta silaturahmi dan rihlah ilmiah diajak berkeliling Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah sebelum akhirnya menuju ke Gedung Ma’had Aly Al Fithrah yang jaraknya agak lumayan jauh dari lokasi acara. Seusainya berkeliling para peserta diajak beramah-tamah dengan cara khas Al Fithrah yakni makan talaman sekawan-sekawan (menggunakan lengser berempat). Tanpa terasa kegiatan demi kegiatanpun selesai, dan kamipun harus berpisah dengan generasi-generasi cerdas. Kami berharap suatu saat bisa berkunjung  ke Ma’had Aly Al Tremas guna menimba ilmu dan ngalap barokah (mengaharap berkah).

Leave A Reply

Your email address will not be published.